Say No to Korupsi

Haloooo...

Nggak berasa kita sudah memasuki bulan terakhir ditahun ini. Bulan yang selalu punya cerita indah. Btw, dibulan desember ini ada banyak hari perayaan yang sifatnya nasional dan internasional ya. Di 1 Desember ada hari hiv aids internasional, terus di 9 Desember ada hari anti korupsi internasional (HAKI), ada hari ibu nasional di 22 Desember dan rentetan hari perayaan lainnya.

Ngomongin soal HAKI, kalian pada tau nggak  perayaannya tahun ini diselenggarakan di mana?? Ayoo ayoo siapa yang tauu. Yaudah aku kasih tau deh ya, jadi, HAKI 2016 diselenggarakan di Riau. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dipercaya untuk menjadi tuan rumah. Dan Riau merupakan provinsi pertama di luar Jawa yang beruntung bisa dapet kesempatan besar ini.

Btw, HAKI itu dicetuskan pertama kali dalam United Nation Convention Against Corruption. Pertemuan ini diinisiasi sejumlah negara sebagai pernyataan sikap untuk memerangi korupsi. Untuk memperingati HAKI 2016, KPK beserta Pemprov Riau sudah mengagendakan serangkaian acara. Mulai dari seminar, workshop, expo sampai festival budaya dan juga ada berbagai lomba. Ah, aku jadi antusias banget nih mau nyambut HAKI 2016 yang mengusung tema "Ayo Riau Bergerak untuk Indonesia Tangguh" ini.
Bicara soal korupsi nih, kalian udah nerapin apa aja sih ke diri masing-masing untuk mencegah korupsi? Setiap orang pasti punya caranya sendiri ya untuk melakukannya. Kalo aku pribadi sih selalu berusaha menutup sekecil apapun celah untuk melakukan tindak korupsi. Walaupun tanpa kita sadari kita sudah korupsi banyak hal dari hidup ini. Kadang korupsi itu bukan cuma tentang uang, ya nggak? Bisa tentang korupsi waktu, tenaga dan banyak lagi.

Kalo untuk menimalisir, atau bahkan mencegah agar tidak terjadi korupsi sebenernya semuanya berawal dari pribadi masing-masing. Seberapa kuat kita berprinsip untuk tidak korupsi terhadap hal apapun. Bahkan untuk hal sekecil apapun. Karena yang namanya korupsi ya tetap korupsi. Jangan biasakan diri mengambil sesuatu yang bukan hak kita. Dan harus senantiasa bersyukur atas apapun yang telah kita miliki sekarang. Karena hal sekecil apapun yg telah kita lakukan untuk berbuat baik, pasti tetap akan terlihat hasilnya. Selanjutnya tentang konsistensi kita terhadap prinsip yang sudah kita tanam di dalam diri sendiri.

Jadi, ayo sama-sama kita melawan korupsi. Diawali dari diri sendiri. Ayo Riau bergerak untuk Indonsia tangguh. Ayo cegah korupsi !


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Hari Anti Korupsi Internasional yang diselenggarakan KPK dan Blogger Bertuah Pekanbaru

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.